Berita


MANFAAT DAN BAHAYA GAWAI

MANFAAT DAN BAHAYA GAWAI TERUTAMA DALAM DUNIA  MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN

Pengaruh gawai pada era digitalisasi saat ini sudah tidak dapat kita hindari lagi. Gawai atau gadget menjadi barang yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari mulai dari fungsinya sebagai alat komunikasi, pencarian berita, perantara untuk bersosialisasi dalam dunia maya hingga pemanfaatannya pada dunia pendidikan. Terlebih lagi pada saat pandemi, gawai menjadi salah satu alat penghubung satu sama lain untuk meminimalisasi interaksi langsung antar satu sama lain. Namun, seperti yang kita ketahui, gawai kini telah menghapus batas interaksi bukan hanya untuk beberapa individu atau kelompok, tapi untuk seluruh dunia. Selain dari segi interaksi, tentunya kita dapet mengakses hal lain menggunakan gawai contohnya update berita dari seluruh sumber, sosial media hingga gim. Hal ini menimbulkan pro dan kontra dari penggunaan gawai, terutama pada anak dan remaja.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2019, Indonesia tercatat sebagai negara urutan ke 62 dari 70 negara dalam bidang literasi. Penggunaan gawai pada usia dini menjadi salah satu faktor berkurangnya minat baca terutama pada kalangan anak-anak. Mereka lebih gemar memainkan gim daripada membaca buku, menjadikan kita sebagai peringkat rendah dalam literasi. Selain daripada itu, gim bisa memberikan beberapa dampak negatif pada anak kecil. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan kecanduan main gim menjadi salah satu gangguan kesehatan jiwa (gamming dissorder) pada International Classification of Diseasse (IDC) edisi ke-11. Penggunaan gawai dengan cara yang tidak benar dapat mempengaruhi fisik maupun mental pada anak yang notabene masih perlu diawasi penuh, diantaranya yaitu kepekaan anak terhadap sekitarnya yang akan menurun, mudah marah, menghambat perkembangan sosial anak di dunia nyata, gangguan kesehatan fisik (masalah penglihatan karna lama menatap pada gawai, masalah tulang karena posisi duduk, kelakuan) dan masih banyak lagi. Penghambat perkembangan sosial anak yang paling berpengaruh ialah media sosial. Media sosial dapat menjadikan anak lebih nyaman untuk bersosialisasi dengan teman maupun nuansa didalam sosial media sehingga mereka lebih memilih untuk mengabaikan relasi yang dapat dijalin di dunia nyata tanpa memikirkan perkembangan sosial mereka.

Parahnya lagi, terdapat istilah cyber bullying yang sangat berbahaya. Tercatat beberapa kasus bunuh diri yang terjadi di Indonesia yang diakibatkan oleh cyber bullying. Dikutip dari laman Halodoc pada 5 Agustus 2022, terdapat beberapa alasan yang menjadikan anak berani untuk melakukan cyber bullying diantaranya perkembangan teknologi yang pesat, ketidaktahuan akan resiko hukum, anak yang suka meniru dan lemahnya kontrol diri pada sosial.

Selain dari itu terdapat masalah yang tak kalah bahayanya, yaitu kecanduan pornografi. Yohana Susana Yembise, menteri Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak, menyebutkan "Yang  paling  parah  jika  anak-anak  sampai  kecanduan  pornografi  karena  ini  akan membutuhkan trauma healing seumur hidup". Kecanduan pornografi dapat menjadi akar permasalahan kasus-kasus seperti pelecehan seksual dan pemerkosaan. Mudahnya pengaksesan pornografi pada gawai menjadi kekhawatiran yang perlu diseriusi dan masih banyak dampak negatif yang mungkin saja menimpa pada anak dan remaja.

Namun disamping itu, manusia telah memanfaatkan pula gawai sebagai alat untuk memudahkan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Contohnya pemanfaatan gawai pada dunia pendidikan sebagai media pembelajaran yang lebih inovatif dan seru untuk membangun semangat belajar para pelajar. Pembuatan video-video edukasi dan pembelajaran memudahkan para guru untuk menjangkau pengajaran pada semua muridnya.

Pada masa pandemi COVID-19, gawai pun menjadi salah satu solusi dari adanya pembatasan interaksi. Terdapat aplikasi 'Classroom' untuk membantu para guru dalam memberikan pengajaran serta tugas-tugas kepada siswa melalui daring. Gim juga memiliki dampak positif seperti gim bimbingan calistung (baca, tulis dan hitung) untuk bimbingan dasar anak usia dini serta gim-gim yang dirancang untuk membuat kuis untuk digunakan siswa agar pembelajaran semakin seru. Tercatat di laman tryengineering, "Guru STEM dari Sekolah Umum Broward County di Florida membuat pembelajaran jarak jauh menjadi menyenangkan bagi siswa yang terjebak di rumah selama pandemi COVID-19. Guru menciptakan pelajaran melalui pendidikan versi Minecraft, sebuah video game yang memungkinkan siswa untuk bekerja sama dan merancang dunia virtual mereka sendiri.". Hal ini menjadi bukti bahwa pemanfaatan gim pun dapat menjadi media inovatif yang sangat berguna terutama pada dunia pendidikan .

Pengaksesan bahan belajar pun sudah tidak sulit lagi, siswa dapat mengakses bahan belajar melalui sumber dari mana saja dan kapan saja. Penggunaan gawai memiliki pro dan kontra di masyarakat. Namun, penggunaan gawai dengan bijak dan cerdas sudah pasti aman dan mungkin saja pemanfaatan positifnya dapat merubah masa depan menjadi lebih baik. Penggunaan sewajarnya, pemanfaatan yang positif dan menjadikan gawai sebagai media untuk mengembangkan diri adalah beberapa faktor terjaganya 'gawai sehat'. Tugas kita ialah memanfaatkan dengan bijak, berkenaan dengan hal itu pun diperlukan pengawasan dan bimbingan orang tua maupun guru untuk menjaga generasi masa depan yang menjadi cikal bakal penerus bangsa.

 

FILM PENDEK "MISI RAHASIA"

Kontak

Alamat :

Jl. Raya Bungursari Blk. 122

Telepon :

0264350667

Email :

info@sman1bungursari.sch.id

Website :

sman1bungursari.sch.id

Media Sosial :

Berita Terbaru

SERTIFIKAT AKREDITASI 2023 -2028

SERTIFIKAT AKREDITASI 2023 -2028

Ayah ini Rasaku

Ayah ini Rasaku

PERJALANAN SUNYI

PERJALANAN SUNYI

MANFAAT DAN BAHAYA GAWAI

MANFAAT DAN BAHAYA GAWAI

PPDB ONLINE

Film Pendek "SERAGAM"

"SIMPUL PITA MERAH"

PENGUMUMAN UN

TAUTAN